Searching Array Dengan Pemrograman C++

Haliemzulvio.com –  Halo sobat Blogger ! Ketemu lagi sama admin kece yang hari ini bakal share berbagai informasi seputar teknologi. Hari ini saya akan membahas tentang pemrograman C++, Searching Array Dengan Pemrograman C++. Bagi kamu yang masih semester awal di Fakultas Ilmu Komputer pasti masih berkutat dengan C/C++ maupun Array. Nah kali ini saya akan share contoh dan penjelasan tentang Searching Array dengan pemrograman C++.

Searching Array Dengan Pemrograman C++

Array adalah kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Nilai-nilai data di suatu larik disebut dengan elemen-elemen larik. Letak urutan dari suatu elemen larik ditunjukkan oleh suatu subscript atau suatu indeks. 
 
Searching merupakan proses pencarian data dengan cara menelusuri data-data tersebut. Tempat percarian data dapat berupa array dalam memori bisa juga pada file pada eksternal storage. Teknik searching array ada 2, yaitu dengan sequential search dan binary search.
  • Sequential Search adalah teknik pencarian data dalam array yang akan menelusuri semua elemen-elemen array dari awal sampai akhir. Kemungkinan terbaik jika data yang dicari berada di awal index maka pencarian akan membutuhkan waktu yang minimal. Kemungkinan yang lain jika data yang dicari berada pada index terakhir maka akan membutuhkan waktu yang relatif lama. 
  • Binary search adalah algoritma pencarian untuk data yang terurut. Pencarian dilakukan dengan cara menebak apakah data yang dicari berada ditengah-tengah data, kemudian membandingkan data yang dicari dengan data yang ada ditengah. Bila data yang ditengah sama dengan data yang dicari, berarti data ditemukan. Namun, bila data yang ditengah lebih besar dari data yang dicari, maka dapat dipastikan bahwa data yang dicari kemungkinan berada disebelah kiri dari data tengah dan data disebelah kanan data tengah dapat diabai. Upper bound dari bagian data kiri yang baru adalah indeks dari data tengah itu sendiri. Sebaliknya, bila data yang ditengah lebih kecil dari data yang dicari, maka dapat dipastikan bahwa data yang dicari kemungkinan besar berada disebelah kanan dari data tengah. Lower bound dari data disebelah kanan dari data tengah adalah indeks dari data tengah itu sendiri ditambah 1. Demikian seterusnya.
Metode pencarian berurutan (sequential) maupun metode pencarian biner (binary search)hanya dapat dipergunakan, jika:
  1. Nilai-nilai tersebut sudah tersusun secara berurutan.
  2. Nilai-nilai tersebut disusun ke dalam bentuk array atau struktur data sejenis yang masing-masing nilai tersimpan dalam bagian-bagian yang mempunyai indeks yang unik dan indeksnya berurutan dari yang paling kecil hingga yang paling besar (bersifat ordinal).


Nah begitulah uraian singkat mengenai Searching Array Dengan Pemrograman C++. Untuk contoh-contohnya, silahkan baca di post Contoh Searching Array Dengan Pemrograman C++. Karena kalau semuanya saya tulis disini, bakal panjang banget nanti. 


Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, terima kasih :D.


————————————————————————–
tags : Searching Array Dengan Pemrograman C++, Array C++, Pemrograman C++, Searching Array, Searching Array C++. Array, Searching.

Tags: Array C++ Pemrograman C++ Searching Searching Array Searching Array C++. Array Searching Array Dengan Pemrograman C++

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Searching Array Dengan Pemrograman C++"

    Inilah Beberapa Game Multiplayer Android Favorit
    Inilah Beberapa Game Multiplayer Android Favorit -
    Star Wars: Galaxy of Heroes APK [MOD]
    Star Wars: Galaxy of Heroes Kumpulkan karakter
    Minecraft: Pocket Edition v0.14.3 APK
    Minecraft - Pocket Edition - Bayangkan, lalu
    Lara Croft: Relic Run v1.10.97 APK [MOD]
    Lara Croft: Relic Run - Ketika konspirasi